Keindahan Palatar Sungai Cimedang Kebon Dukuh Rantobatang | Pemdes Mekarsari, Cimerak

Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Alamat: Jalan Mekarsari No. 333 Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kab. Pangandaran Kode Pos: 46395

New Update

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 23 September 2019

Keindahan Palatar Sungai Cimedang Kebon Dukuh Rantobatang


Untuk Anda yang hoby bertualang, coba sekali-kali menjajal tantangan untuk nikmati keindahan Sungai Cimedang, Tasikmalaya. Sungai Cimedang, jadi ” urat ” pemberi tanda geografis yang membentang di Tasikmalaya. Hulu Sungai Cimedang di Gunung Bongkok serta mengalir selama 70 km. melewati Tasikmalaya, Ciamis serta Pangandaran sampai ke Kalapagenep. Dahulu dari jaman gerombolan sampai masa Petrus, sungai ini di kenal sebagai tempat ”ngarungan jelema“. Walaupun berkesan angker, tetapi sungai sebagai batas lokasi pada Kabupaten Pangandaran serta Kabupaten Tasikmalaya menaruh sejuta pesona dengan keindahannya.


Terkecuali dipakai oleh masyarakat, sungai ini jadi lokasi wisata. Satu diantaranya Palatar Sungai Cimedang yang terletak di Lokasi Wisata Religi Syeh Arya Wangi dan Syeh Arya Padoman Kebon Dukuh Dusun Rantobatang Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran yang bikin sungai ini lebih terangkat namanya. Sayangnya, wisata di perlintasan Sungai Cimedang ini kurang tergarap dengan baik. Hal semacam ini dari akses, sarana, sampai promosi yang kurang diperkembang oleh daerah setempat. Pada musim kemarau, warga yang ada di tepian Sungai Cimedang, terutama warga masyarakat Dusun Rantobatang Desa mekarsari Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, memakai sungai ini untuk keperluan MCK.

Sayangnya, potensi wisata di Perbatasan Kabupaten Pangandaran ini kurang dikerjakan dengan optimal. Walau sebenarnya akses untuk ke Palatar Sungai Cimedang dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Sarana disini baru hanya service seadanya, yang dikelola oleh masyarakat setempat; tempat tinggal makan serta warung-warung masyarakat hanya ada ketika ada acara-acara tertentu. Walau sebenarnya, wisata alam ini sangat mungkin untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.



Sensasi petualangan wisata di Palatar Sungai Cimedang serta sekitarnya pastinya akan jadi magnet sendiri. Maklum saja, lokasi wisata ini masihlah begitu alami plus bermacam ”service sekadarnya” dari masyarakat dapat jadi nilai lebih. Belum lagi keindahan bebatuan yang ada di selama aliran sungai. Anda dapat juga nikmati keindahan berjumpanya air sungai dan berenang ketika kemarau. Nah, Anda yang berjiwa petualang, siap berusaha untuk menjajal sensasi berwisata di Palatar Sungai Cimedang?



Selain kindahan sungai cimedang, disini juga terhampar terhamar perkebunan dukuh milik warga yang sering disebut "dukuh ranto" terkenal karena rasanga yang manis. Juga terdapat saung-saung paniisan untuk beristirahat dengan suasana tenang dan nyaman serta bisa dijadikan tempat untuk acara "ngaliwet" dan makan-makan bersama keluarga atau rekan kerja.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages