Deklarasi Desa ODF & Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Desa Mekarsari | Pemdes Mekarsari, Cimerak

Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Alamat: Jalan Mekarsari No. 333 Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kab. Pangandaran Kode Pos: 46395

New Update

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 31 Agustus 2022

Deklarasi Desa ODF & Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Desa Mekarsari

Rabu, 31 Agustus 2022, Desa Mekarsari Melaksanakan  Deklarasi Desa ODF & Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil bupati pangandaran H Ujang Endin Indrawan. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menyampaikan bahwa Deklarasi ODF (Open Defecation Free) adalah sebagian upaya menjaga kebersihan.

Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa kesehatan menjadi salahsatu faktor penting dalam kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah, yang dimana Deklarasi ODF ini merupakan perwujudan dari perilaku hidup sehat.

"Kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah atau suatu kabupaten termasuk desa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan dan faktor kesehatan. Faktor kesehatan tidak lepas dari perilaku hidup masyarakat yaitu kita harus berperilaku hidup sehat, termasuk diantaranya tadi yang sudah di deklarasikan, mendeklarasikan diri bahwa masyarakat Desa Mekarsari akan menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar sembarangan, karena dapat merugikan diri sendiri tapi juga masyarakat" tuturnya.

Wakil Bupati Pangandaran pun menegaskan bahwa Pangandaran sebagai salahsatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan.
"Pangandaran visinya adalah sebagai tujuan wisata berkelas dunia (World Class Destination). Pariwisata itu identik dengan kebersihan dan kesehatan." ungkapnya.

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages